• KEGIATAN PRAMUKA KOK BERUJUNG MALAPETAKA ?




    MENGUTIP DARI : regional.kompas.com
    Pada Jumat (21/02/2020) sekitar 13.15 WIB, IYA menyiapkan para peserta susur sungai yang berjumlah 249 siswa. Saat berangkat, menurutnya kondisi cuaca masih belum hujan. "Saya mengikuti, Saya cek sungai diatasnya, di jembatan itu juga airnya tidak deras, landai," ungkapnya. IYA lantas kembali ke titik awal susur sungai. Di lokasi itu, dia mengatakan sudah ada pembina Pramuka lain yang biasa menyusuri Sungai Sempor. "Sehingga Saya juga yakin aja tidak akan terjadi apa-apa," tegasnya.


    Menurutnya, para peserta susur sungai berjalan di pinggir dan tidak di tengah. Selain itu, para peserta tidak dibekali alat pengaman karena air sungai tidak dalam. "Karena airnya cuman selutut, itu paling dalam," tandasnya. Namun, prediksi pembina Pramuka ini meleset. Pasalnya, ada arus kencang yang tiba-tiba menerjang saat siswa SMP itu sedang berjalan di pinggir Sungai Sempor. Arus deras yang datang karena ada hujan di kawasan hulu sungai menyeret 249 siswa SMPN 1 Turi. 11 orang di antaranya tewas. Akibat insiden tersebut, polisi menetapkan tiga orang sebagai tersangka.


    Mereka adalah IYA yang merupakan guru olahraga SMP Negeri 1 Turi, R yang merupakan guru seni budaya SMP Negeri 1 Turi, dan DDS tenaga bantu pembina Pramuka dari luar sekolah SMP Negeri 1 Turi. Ketiganya dijerat dengan Pasal 359 karena kelalian menyebabkan orang lain meninggal dunia. Selain itu juga Pasal 360 karena kelalian menyebabkan orang lain luka-luka. Ancaman hukumannya maksimal 5 tahun penjara.



    "WADUH KALAU BEGITU JANGAN IKUT PRAMUKA DEHH !"

    eiitt tunggu dulu, Pramuka itu sebenarnya aman kok, kejadian diatas itu terjadi karena ketidak matangan kegiatan, dalam berita tersebut dapat kita ketahui bahwa tidak ada pengaman dalam kegiatan tersebut, cuaca yang tidak mendukungi, & arus yang kencang. Hmmm kalau seperti ini sih, melaksanakan kegiatan apapun juga akan berisiko. Teman teman DS perlu mengetahui ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan acara. Yuk kita ber-edukasi dulu !


    1.PENTINGNYA CEK LOKASI SEBELUM HARI-H
    Ok yang pertama ini sangatlah penting & harus dilakukan, apalagi kalau kita ingin melaksanakan kegiatan di luar sekolah. Ceklok ini berfungsi untuk mengetahui medan daerah,mengetahui kondisi daerah saat hujan maupun tidak hujan. Biasa nya ceklok diikuti oleh beberapa anggota untuk melihat situasi & kondisi daerah (terkadang dengan Pembina, terkadang juga tidak). Yuk jangan malas tuk ceklok ^^
    TIPS : Saran dari kami bila ingin melewati sungai ada baik nya kita mengukur seberapa tinggi air saat tidak hujan / surut dan saat hujan / pasang.

    2.MENYIAPKAN ALAT / BANTUAN KEAMANAN
    Yang no.2 ini juga tidak kalah pentingnya dari no.1. Jika ingin membuat kegiatan juga harus dibekali dengan keamanan loh. Kalau tidak alat, ya bantuan berupa orang. Persiapan alat keamanan berfungsi guna ketika pertengahan pelaksanaan kegiatan jika terjadi sesuatu yang "buruk" (seperti hujan, dll) maka kita sudah siap ^^

    3.KESADARAN PEMBINA
    Peranan pembina amatlah penting dalam mengatur organisasi Pramuka, tanpa pembina, Pramuka tidak akan dapat bergerak dengan terorganisir. Lantas kenapa disana sudah ada pembina Pramuka namun malah terjadi peristiwa naas ? :( , ya itulah pentingnya kesadaran bagi seorang pembina, pembina harus mengetahui batasan batasan, serta berpikiran lebih logis. Pembina juga harus memiliki pikiran untuk mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan bila terjadi.

    4.KESIAPAN ANGGOTA
    Yang terakhir & yang wajib diperhatikan "KESIAPAN ANGGOTA". Sebelum melakukan kegiatan, DS mempunyai saran agar mengumpulkan seluruh anggota dan memastikan kesiapan mereka dengan acara yang akan dilakukan. Logika nya "Buat apa kita melaksanakan kegiatan bila anggota kita tidak mempunyai mental yang cukup ?" lebih baik batal daripada terjadi yang tidak diinginkan kan ?

    Nah, semua yang diatas merupakan artikel dari regional.kompas.com beserta penjelasan dari Ambalan Dharmawangsa Srikandi. Inti nya semua nya harus di persiapkan secara matang & telah dipikirkan kedepannya. Ada yang ingin bertanya ?, kalau ada, silahkan ketik di comment ya ^^


  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Salam pramuka.
    Pandu meninggalkan "jejak"..
    Reader meninggalkan "komentar"..
    Jadi para reader tolong berikan komentar ya.:)
    yyyyy

    MAU LATIHAN BERSAMA?

    Buat kakak-kakak yang ingin latihan bersama atau sekedar berkunjung, kami siap menjamu kakak semuanya dengan senang hati di pangkalan kami SMA Negeri 1 Gianyar

    PANGKALAN

    Jl. Ratna Tegal Tugu, Kec. Gianyar, Bali

    EMAIL

    dharmawangsa.srikandi@gmail.com

    TELEPON

    (0361) 943034

    MOBILE

    081236294011/081315300437