• KEGIATAN FESTIVAL KETERAMPILAN BAHARI BALI 2014


    Akhir tahun 2013 sampai awal tahun 2014 ambalan DS sudah disibukan dengan persiapan untuk mengikuti kegiatan Festival Keterampilan Bahari Bali yang pertama kali diadakan oleh Saka Bahari Bali di BuPer Segara Mantra. Persiapan yang kami lakukan gak main-main, karena ini kegiatan pertama tingkat daerah yang  harus dilaksanakan oleh dewan ambalan angkatan 2014-2015. Kegiatannya berlangsung dari tanggal 9-12 Januari 2014, dan waktu persiapan yang kami miliki kurang dari satu bulan setelah kemah pelantikan bantara. Wah...tantangan yang cukup berat juga ya... 

    Untuk lombanya sendiri ada 6 macam yaitu: Lomba cepat tepat bahari (LCT), masak, tari kreasi semaphore, senam pramuka, LKBB, dan tenda terapung.
    DS mengirimkan 16 orang peserta terdiri dari 8 pa dan 8 pi. Dari putra ada kak Rian, kak Erick, kak Kembar, kak Suparma, kak Gauttama, kak Gus Pebri, kak Ade, dan kak Abdi. Untuk yang putri ada kak Nabila, kak Sagung, kak Parwati, kak Dayu Lidya, kak Nurul, kak Desi, kak Anik, dan kak Lilik. Dan tak lupa juga, kami didampingi oleh kakak pembina yaitu kak Anom, dan kak Sani :)

    Karena yang ikut kemah cuma 16 orang, jadi yang ikut lomba orangnya yang itu-itu aja. Paling sedikit dapet ikut 1 cabang lomba dan paling banyak 3 cabang lomba. Bisa dibayangkan sendiri dalam jangka waktu yang tidak banyak itu kita harus menguasai tiap cabang lomba yang kita peroleh. Wow...

    Masalah bagi-bagi waktu untuk latihan tiap cabang lomba, yang paling pertama latihan sih biasanya LKBB. Ya...lomba yang paling banyak menyerap anggota :D
    Setelah itu latihan tari kreasi semaphore biasanya hampir bersamaan dengan tenda terapung, dan yang terakhir senam pramuka. Kalau masak biasanya praktek dirumah trus hasil masakannya di bawa kesekolah buat dibagi-bagiin dan dimintai komentar rasanya. LCT lebih banyak belajar sendiri di rumah, dan pernah beberapa kali mereka melaksanakan try out bersama disekolah. Untuk jam latihan kita biasa dari pagi sampai sore, pernah beberapa kali sampai malam apalagi waktu sudah mepet-mepet lomba, tetapi jamnya tetap dikontrol ya :) 
    Sempat terjadi pergantian peserta lomba beberapa kali sebelum akhirnya peserta terakhir ditetapkan. Rintangan yang cukup berat juga waktu itu untuk mencari penggantinya...




    latihan LKBB di tempat parkir sekolah










    tongkat cuma satu, gak isi bendera pula... ada-ada aja kak Ade ini :D









    tenda terapung sudah mengapung di pantai cucukan
    ^.^b


    at pantai cucukan
    no comment... 











    beda tipis antara mau nyicipin masakan sama kelaparan :D










    menghayati banget makannya, sampai2 kak Erick gak mau bagi-bagi :D















    tahun baru, tenda baru... ^.^b










    9 Januari 2014
    kami sampai di BuPer siang sekitar jam 2 dengan naik truk kodim tentunya dan tanpa membuang-buang waktu langsung mendirikan tenda dibawah sinar matahari yang sangat amat 'kebus' hari itu. Malam harinya ada pesta penyambutan dari kakak2 panitia, dan pengumuman untuk kegiatan lomba besok. Oh iya, waktu itu kita dapat kapling no 8 dari 10 kapling yang ada, otomatis itu juga jadi no peserta kita di setiap perlombaan. 


    menit-menit sebelum keberangkatan













    lelap banget tidurnya :D















    yang ini lebih lelap lagi :D










    10 Januari 2014
    upacara pembukaan berlangsung di Lanal Denpasar dan dibuka langsung oleh Bapak Wakil Gubernur Bali. Siang harinya berlangsung lomba LCT, setelah itu dilanjutkan dengan lomba masak yang awalnya dilaksanakan di luar ruangan tapi karena gerimis jadi pindah ke aula. Malam harinya tari kreasi semaphore siap beraksi. 



    peserta LCT perwakilan DS ^_^b











    sangat UKS sekali kakak2 yang satu ini 
    TOP deh...










    masakan persembahan dari Ambalan Dharmawangsa Srikandi

    nb: dua gelasnya minjem di warung sebelah -.-







    dos.man.
    dharmawangsa, srikandi... :)











    MOP











    bersama kakak2 dewan juri dan kak Harris Nizam :)








    11 Januari 2014
    pagi sekitar pukul 8 lomba senam pramuka dilangsungkan di tempat parkir buper dan siangnya dilanjutkan dengan LKBB ditempat yang sama. Karena LCT DS masuk final, kita kembali mengikuti lomba untuk memperebutkan juara 1 2 3. Sore harinya, tenda terapung dilaksanakan di pantai serangan. Oh ya, sore itu juga kita mendapat kunjungan dari kakak2 DS yang lainnya untuk menyemangati kami. Makasi sudah berkunjung ya kakak :)



    berunding dan berdoa dulu sebelum lomba :)




    senam pramuka waktu udah bubar -.-"












    keren banget waktu tampilnya ^.^b











    hormat gerak! /"^.^











    tenda terapung di pantai serangan











    mengapung sempurna dengan orang di dalamnya :D itu siapa ya???







    12 Januari 2014
    karena semua lomba sudah terlaksana, maka di hari terakhir ini diadakan kegiatan bersih-bersih di sekitar pantai dan pura. Sebelum akhirnya upacara penutupan dan pengumuman juara masing2 lomba dan juara umum. 




    rajin sekali kakak2 kita yang satu ini
    lanjutkan ^.^b









    dan ini terjadi saat itu...
    kakak ini telah bekerja keras untuk memungut sampah2 yang ada disana, dan pada akhirnya ia selalu menemukannya :D












    Pengumuman pemenang masing2 lomba
    astungkara, karena usaha keras kita selama ini, tidak lupa juga dukungan dari semuanya kita Ambalan Dharmawangsa Srikandi berhasil mendapatkan beberapa piala yaitu:
    juara 1 Lomba LCT, Masak, Tari Kreasi Semaphore, dan Senam Pramuka
    juara 2 Lomba LKBB
    dan dinobatkan sebagai juara umum festival keterampilan bahari bali tahun 2014 :)

    semoga ini menjadi awal yang baik di tahun 2014 dan seterusnya untuk Ambalan Dharmawangsa Srikandi. Jika bisa dipertahankan, maka pertahankanlah. Jika ingin meningkatkan, maka belajarlah dari pengalaman yang sudah ada :)


    sekian dari saya, maaf kalau ada yang kurang berkenan dihati, maklum saya orang baru disini :D
    ditunggu komentarnya ya...
    Salam Pramuka!
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Salam pramuka.
    Pandu meninggalkan "jejak"..
    Reader meninggalkan "komentar"..
    Jadi para reader tolong berikan komentar ya.:)
    yyyyy

    MAU LATIHAN BERSAMA?

    Buat kakak-kakak yang ingin latihan bersama atau sekedar berkunjung, kami siap menjamu kakak semuanya dengan senang hati di pangkalan kami SMA Negeri 1 Gianyar

    PANGKALAN

    Jl. Ratna Tegal Tugu, Kec. Gianyar, Bali

    EMAIL

    dharmawangsa.srikandi@gmail.com

    TELEPON

    (0361) 943034

    MOBILE

    081236294011/081315300437